Sabtu, 17 Oktober 2015

Bang Toyib dan Makanan Halal



BANG TOYIB dan MAKANAN HALAL

Ada yang sayang waung sampek di-uyel2 tapi ada yang suka makan dagingnya. Ada pula yang menganggep kucing lucu sebagai anak asuh, walaupun ada juga yang tega menyantapnya. Ada yang kemecer lihat ulat sagu yang ginuk2 pating kruget, tapi ada yang merasa jijik, gilo sampek ke-puyuh2. Ada yang maem daging babi, ada juga yang ndak mau maem daging kebo kunthet itu. Malah ada juga yang suka memasak rica2 tikus sawah.



Manusia itu ribet bin ruwet tur rada nggragas sedikit. Mangkanya ada aturan dari Pencipta Manusia yang khusus mengatur mangsalah badhokan. Bukannya Gusti Allah itu sok ngatur, nyinyir banget bahkan sampek aspek kuliner, tapi agar manusia ndak cilaka. Agar badan manusia sebagai kendaraan buat ruh ndak njeblug gara2 nguntal bom waktu dan agar ruh itu sendiri sebagai penumpang kendaraan, ndak cacat gara2 ngeyelan. Pokoknya agar bisa slamet lair batin dan ndunya akherat.

Njuk Gusti Allah bikin rambu dengan rumusan yang amat simpel. Yaitu ; HALAL dan TOYIB atawa baik, tapi bukan Bang Toyib yang tak pernah pulang. Daging kambing itu halal tapi bagi penyandang hipertensi bukan termasuk yang toyib. Gula itu halal dan bisa memelihara fungsi lever, bikin teh anget jadi nyamleng, tapi bagi yang berdiabetes bukan termasuk yang toyib. Madhang ya madhang, ning aja angger barang dianggep badhokan, njur kabeh dicaplok.

Nek walang goreng, kalajengking goreng, piye ?
Aku mbok kon mikir ?
As embuh pikiren dewe2.
Rumuse halal dan toyib.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar