Jumat, 13 November 2015

Harapaaaan ...... oooooh Harapan

BERHARAP PADA UNDIAN HARAPAN

Pagi itu gue kontrol kesihatan di RSU Tidar. Datang seorang pria berpostur langsing, gerakannya gesit dan tampak bugar. Beliau duduk di sebelahku. Sebagai syariat standar sopan santun orang Magelang, saya menegurnya : "Bapak mau periksa di poli mana ?" Jawabnya : "Ini, di poli paru2. Dari kantor nyong disuruh periksa. Kata boss saya watuk bae, trus disuruh priksa di poli paru. Ah, wong cuma watuk sedikit ko nyong disuruh priksa. Lha Bapake mo priksa apa ?"

Dari logatnya saya tebak asal usulnya. Jebul tida meleset. Beliau dari Puraketa (Purwokerto), negeri sejuta ngapak. Namanya Mister Muzzamil, dipanggil Pak Jamil. Langsung kami jadi akrab lalu ngobrol ngalor ngidul. Makelum jelek2 gini gua turunan OrBa (Orang Banyumas).

Setelah ndopok gaduh, satu saat omongan Pak Jamil menyenggol wilayah spiritual : “Duluu, Pak. Di kampung saya, wektu jamannya masih ada judi resmi bangsanya SDSB, Nalo, Undian Harapan, segala macem peristiwa dihubungkan dengan dengan nomer. Ada wong gemblung liwat, malah ditakoni nomer pira. Ada prahoto tabrakan, yang ditonton malah plat nomernya. Orang2 tua, yang kurang duit tiap minggu pasang nomer, seribu, dua ribu, dengan harapan bila nomernya cocog dan nembus akan dapet sekian ratus ribu. Segala macem penyakit bengek dan encok kaya2 klalen, gara2 menaruh harapan pada Undian Harapan.”



Lalu akhirnya, Beliau dengan gaya mirip dosen, menarik kesimpulan dari hasil risetnya sendiri : “Mangkanya itu, Pak. Kita kudu yakin bakal sehat. Wong para penjudi bae, sing menggantungkan harapan pada undian, bisa menunda penyakit dan menjadi sehat. Apa maning kita, sebage manusia beragama yang percaya full pada Gusti Allah. Kudune ya sehat , aja pada ngantre nang poli RSU Tidar bae, he he he he ..”


Asem tenan, bisane Pak Jamil ngece awake nyong. Padahal deweke ya kena lara bengek !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar